Riset pemasaran merupakan sebuah penelitian ilmiah yang hasilnya harus dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah juga. keilmiahan sebuah riset dapat pula diihat dari sistimatika dan landasan metodologinya.
Jika sebuah riset dilakukan tanpa pijakan yang kuat maka analisis hasilnya pun menjadi lemah dan tentunya kesimpulan yang dihasilkan menjadi bias. Dalam riset pemasaran pemahaman terhadap konsep pemasaran dan metodologi penelitian menjadi tulang punggung dalam menyelesaikan kasus kasus kompleks.
Bagaimana tahapan dalam memulai riset ? silakan klik materi dibawah ini
Dari pengamatan yang saya lakukan beberapa hari,saya melihat penjual sayur yang memakai motor dan berkeliling di perumahan atau kompleks,saya melihat banyak ibu-ibu rumah tangga dan pembantu yang membeli sayur-sayur tersebut,kelihatanya ibu-ibu tersebut sudah biasa dengan cara tersebut karena mereka bisa memesan sayur-sayuran yang mereka inginkan dan tukang sayur keliling tersebut menulis pesanan para ibu-ibu untuk keesokan harinya lagi,keliatannya tukang sayur keliling tersebut banyak memiliki langganan dengan itu dia selalu berjualan di komplek tersebut karena dengan berjualan sayur keliling tidak terpaku dalam 1 tempat,bisa mencakupi orang banyak di perumahan tersebut,karena menurut mereka lebih praktis daripada harus kepasar untuk membeli sayur